Skip to main content
x
Manfaat Habbatussauda Untuk kesehatan. Foto : Erin Andani

Berikut Manfaat Habbatussauda Untuk kesehatan

Siberzone.id - Habbatussauda atau yang juga dikenal sebagai jintan hitam berasal dari tanaman Nigella sativa digunakan selama ribuan tahun untuk pengobatan tradisional yang diyakini memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Habbatussauda mengandung senyawa seperti thymoquinone dan thymohydroquinone, habbatassauda memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Itu artinya dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Berikut manfaat habbatussauda untuk kesehatan:

1. Mengontrol Darah Gula

Habbatussauda dapat membantu mengatur kadar gula darah, senyawa thymoquinone dalam biji ini diyakini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Habbatussauda mungkin memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak habbatussauda dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, faktor-faktor risiko utama penyakit jantung.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Habbatussauda telah digunakan secara tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, dan konstipasi. Senyawa-senyawa dalam biji ini dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan merangsang fungsi lambung.

4. Menjaga Kekebalan Tubuh

Habbatussauda dapat meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa tertentu dalam biji ini tampaknya merangsang produksi sel-sel kekebalan, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Salah satu manfaat utama dari Habbatussauda adalah kemampuannya meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit. Habbatussauda memiliki kandungan yang berperan sebagai agen antiinflamasi dan antioksidan termasuk timokuinon dan flavonoid, yang mampu memperkuat respon imun tubuh melawan penyakit.

Reporter : Erin Andani

Editor : Nur Leli