Skip to main content
x
Pemprov Bengkulu Gelar Lomba Cipta Menu Kudapan Pangan Lokal, Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Pemprov Bengkulu Gelar Lomba Cipta Menu Kudapan Pangan Lokal, Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

SiberZone.id - Dalam rangka gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar lomba cipta kreasi menu kudapan pangan lokal tingkat SMA sederajat, UMKM dan Tim Penggerak PKK kabupaten kota se provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Sisardi, kegiatan ini merupakan kampanye dan sosialisasi untuk menggali potensi pangan lokal unggulan daerah dan memasyarakatkan pangan lokal non beras dan non terigu di kalangan anak sekolah.

“Kita ingin mempromosikan dan mengembangkan jajanan dan produk olahan pangan lokal yang lebih bervariasi dan disukai masyarakat khususnya di kalangan kaum milenial,” tuturnya.

Diharapkan dengan terciptanya olahan pangan lokal yang beraneka ragam, memacu berkembangnya usaha pengolahan pangan sekala UMKM serta menurunkan tingkat ketergantungan masyarakat terhadap pangan impor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah bersinergi sehingga tercipta menu kudapan berbasis pangan lokal unggulan daerah. Tentunya dengan bentuk, corak dan rasa yang menarik.

“Atas nama pemerintah daerah, kami mengapresiasi kreativitas para peserta lomba yang terdiri dari Tim Penggerak PKK, pelaku UMKM dan para pelajar,” ujar Hamka.

Menurutnya kreasi pangan lokal non beras dan non terigu penting dikembangkan dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional.

Ketahanan pangan turut berperan penting dalam mengendalikan laju inflasi yang saat ini sedang melanda dunia.(Sbz/Adv)