Skip to main content
x
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bengkulu Firman Romzi. Foto : Erin Andani

Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Bengkulu Akan Gelar Job Fair Skala Nasional

Siberzone.id - Pemerintah Kota Bengkulu terus berupaya untuk menekan angga pengangguran di Bengkulu dengan mencanangkan pelaksanaan bursa kerja (job fair) dalam sekala nasional pada Agustus 2024 mendatang, Minggu (09/06/24).

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bengkulu Firman Romzi, mengatakan, dari total 291 ribu angkatan kerja yang ada di Kota Bengkulu, hanya 184 ribu lebih warga yang memiliki pekerjaan dan berdasarkan data sebanyak 5,1 persen atau sekitar 9.767 warga belum memiliki pekerjaan atau menganggur rata-rata merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

"Salah satu upaya yang akan kami lakukan (mengurangi angka pengangguran) yaitu menggelar job fair skala nasional pada Agustus 2024 mendatang," ucapnya.

Pada pelaksanaan bursa kerja Agustus, pihaknya akan menghadirkan perusahaan di tingkat nasional dan akan dilaksanakan di sejumlah tempat yang ada di Kota Bengkulu.

"Selain menyediakan lapangan pekerjaan, Disnaker Kota Bengkulu juga akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menyediakan berbagai pelatihan keterampilan agar pencari kerja memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja," jelasnya.

Dengan dilaksanakan kegiatan job fair skala nasional, nantinya dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan warga.

"Kita berharap tenaga kerja di Kota Bengkulu bisa terserap. Kegiatan seperti ini akan rutin kami buka, akan kami fasilitasi jika ada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja," pungkasnya.

Reporter : Erin Andani

Editor : Nur leli