Skip to main content
x
Jenis Pisang Yang Cocok Untuk Diet. Foto : Erin Andani

Berikut Jenis Pisang Yang Cocok Untuk Diet

Siberzone.id - Pisang adalah buah dengan tinggi serat dan rendah kalori, dan juga mengandung banyak karbohidrat, yang artinya kandungan gula dalam pisang bisa lebih tinggi. Buah Pisang sering digunakan untuk menurunkan berat badan tetapi dengan kandungan terebutlah yang membuat sebagian orang khawatir jika buah pisang justru menaikkan berat badan dan bukan malah menurunkannya.

Tingkat kematangan pisang menentukan kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya. Jadi tidak semua pisang cocok untuk diet atau menurunkan berat badan. Dan inilah mengapa ada jenis pisang yang baik dan buruk untuk diet.

Berikut jenis pisang yang baik untuk diet:

1. Pisang Hijau

Pisang hijau atau pisang belum terlalu matang sangat bagus untuk diet atau menurunkan berat badan. Hal tersebut karena kandungan gulanya lebih rendah dan pati yang lebih resisten.

Diketahui Pati resisten baik untuk pencernaan lantaran tidak bisa dipecah oleh enzim lambung dan membuat seseorang dapat kenyang lebih lama. Jenis pati ini bisa pula memperlambat penyerapan gula dari makanan sehingga mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Dengan kandungan pati resisten dan gula yang lebih rendah, pisang hijau atau pisang belum matang merupakan pilihan terbaik untuk diet.

2. Pisang Kuning

Pisang kuning juga termasuk cukup bagus untuk diet. Pisang kuning di sini berarti telah matang sempurna, dan bukan terlalu matang yang sampai memiliki bintik-bintik cokelat.

Jenis pisang kunging ini ternyata mengandung kandungan gula lebih rendah dibandingkan pisang yang terlalu matang. Kandungan pati dan serat dalam pisang kuning juga masih bagus sehingga baik untuk pencernaan dan menyimpan semua nutrisi baik yang memberikan manfaat bagi kesehatan, mulai dari vitamin B6 dan C, kalium, magnesium, hingga mangan.

Jadi kalau sedang diet menurunkan berat badan, hindari pisang terlalu matang yang berbintik cokelat dan kamu bisa pilih dua jenis pisang di atas.

Penulis : Erin Andani

Editor : Nur leli